Buleleng Raih Anugerah Dana Rakca Tahun 2016

  • Admin Bulelengkab
  • 20 Desember 2016
  • Dibaca: 322 Pengunjung

Singaraja/BaliNewsNetworkKabupaten Buleleng kembali menorehkan prestasi nasional. Setelah meraih penghargaan dalam bidang mitigasi perubahan iklim dari Kementrian Lingkungan Hidup, kali ini Buleleng meraih Anugerah Dana Rakca tahun 2016 dari Kementrian Keuangan.

Penganugerahan diserahkan langsung oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo dan diterima oleh Penjabat Bupati  Buleleng, Ir. I Made Gunaja, M.Si di Istana Negara, Jakarta, Rabu (7/12).  Penyerahan Anugerah ini dirangkaikan dengan Penyerahan DIPA dan Dana Transfer ke daerah serta Dana Desa Tahun 2017.

Anugerah Dana Rakca  diberikan oleh Kementrian Keuangan kepada Kabupaten Buleleng karena  selama kepemimpinan Bupati Putu Agus Suradnyana,  Pemkab  Buleleng dinilai telah berkinerja baik dan telah berhasil mengelola keuangan dengan baik. Terutama, mengelola dana perimbangan dari Pemerintah Pusat dengan tepat sasaran.

Terbukti dengan telah diraihnya dua kali opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) secara berturut turut.  Dalam Anugerah Dana Rakca ada sebanyak 36 daerah baik itu provinsi dan kabupaten/kota yang meraih penganugrahan.   Sementara di Provinsi Bali,  hanya dua kabupaten yaitu Kabupaten Buleleng dan Kabupaten Jembrana.

Penjabat Bupati Buleleng Ir. I Wayan Gunaja,  M. Si saat ditemui usai penyerahan anugerah mengapresiasi kinerja SKPD dalam mengelola dana perimbangan dari Pemerintah Pusat dengan tepat sasaran.  Gunaja  pun berjanji dalam waktu 3 bulan  sebagai Penjabat  Bupati Buleleng akan melanjutkan kinerja positif yang sudah ditorehkan Bupati Putu Agus Suradnyana dan Wakil Bupati dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG.

“Penghargaan ini merupakan prestasi yang membanggakan karena kita Pemkab Buleleng telah mengelola dengan baik keuangan yang berasal dari dana perimbangan pusat. Dengan penghargaan ini kita diganjar dengan dana tambahan dari insentif sebesar Rp 65 miliar pada tahun 2017 yang akan kita gunakan untuk pembangunan di Buleleng, seperti pembangunan infrastruktur dan kesejahteraan rakyat,” ungkapnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng, Ir. Dewa Ketut Puspaka, MP yang mendampingi Penjabat Bupati Gunaja saat menerima penghargaan mengatakan, selain pengelolaan keuangan, penghargaan ini diberikan karena Pemkab Buleleng berkinerja sangat baik.  Pelayanan kepada publik juga diakui sudah bagus.

“Saya juga berharap kepada semua jajaran di Pemkab Buleleng untuk terus mempertahankan kinerja dan bisa meningkatkan lagi bekerja untuk masyarakat Buleleng,” tutupnya. (ina), (http://balinewsnetwork.com/2016/12/07/buleleng-raih-anugerah-dana-rakca-tahun-2016/)