APLIKASI SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (SIPKD) MODUL ASET TAHUN 2017

  • Admin Bkd
  • 22 November 2017
  • Dibaca: 713 Pengunjung

Acara Pelatihan Operator SIPKD Modul Asset Tahun 2017 yang diadakan pada tanggal 21 s/d 24 Nopember 2017 di Ruang Rapat Badan Keuangan Daerah Kabupaten Buleleng, Jalan Ngurah Rai Nomor 2 Singaraja dihadiri oleh Pengurus Barang/Operator SKPD, Pengurus Barang Pembantu/Operator Puskesmas dan  Pengurus Barang/Operator UPTD dari Dinas Pendidikan. Narasumber dalam acara tersebut dari Konsultan PT Usadi Sistemindo Intermatika.

Tujuan pelatihan ini adalah tersedianya Sumber Daya Manusia yang memiliki kemampuan dalam mengimplementasikan Aplikasi SIPKD Modul Aset, meningkatkan wawasan serta pemahaman dalam pelaksanaan penatausahaan Barang Milik Daerah melalui Aplikasi SIPKD Modul Aset kepada semua Pengurus Barang SKPD, tersedianya database sebagai sumber informasi tentang asset yang valid dan akurat.

Selanjutnya, materi Pelatihan Operator SIPKD Modul Asset Tahun 2017 dalam hal ini dibahas mengenai: Proses penatausahaan asset, petunjuk teknis penginputan data asset berdasarkan jenis-jenis transaksi/mutase pergerakan asset dan laporan yang dapat dihasilkan dari Aplikasi SIPKD Modul Aset. Dimana tindak lanjut dalam pelatihan tersebut yaitu Rekonsiliasi hasil migrasi database asset dengan Kartu Inventaris Barang (KIB) SKPD, melakukan proses mutasi asset dari SKPD lama ke OPD baru yang terbentuk dari hasil penggabungan atau pemecahan SKPD, input data asset hasil mutase keluar/masuk Tahun Anggaran 2017, dan rekonsiliasi saldo akhir asset per 31 Desember 2017 dengan Bidang Akutansi.

 

Share Post :