SOSIALISASI TRANSFER DANA DESA TAHUN 2017

  • Admin Bkd
  • 26 Oktober 2017
  • Dibaca: 64 Pengunjung

Acara Sosialisasi Transfer Dana Desa Tahun 2017 yang diadakan di Hotel Banyualit dihadiri oleh Kepala Inspektorat Daerah, Kepala Dinas PMD, Para Camat dan Kepala Desa Lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng. Narasumber dalam acara tersebut dari BPKP Perwakian Bali; dari Dirjen Kanwil Perbendaharaan Prov. Bali dan dari KPPN Singaraja.
Dasar pelaksanaan dari sosialisasi ysng dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2017 tersebut adalah Peraturan Menteri Keuangan RI No 50/PMK.07/2017 dan perubahannya No 112/PMK.07/2017 tentang Pengeloaan Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa. Tujuan dari dilaksanakannya sosialisasi ini adalah untuk peningkatan wawasan serta pemahaman dalam pelaksanaan penatausahaan keuangan desa yang berdampak pada penyusunan laporan keuangan desa yang tepat waktu, meningkatkan kualitas aparatur pengelola keuangan sehingga tercipta pengelolaan keuangan yang baik, akuntabel, dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
Sebagaimana diketahui bahwa mulai tahun 2015 terjadi perubahan Transfer Dana Desa yang mana transfer dana desa dilakukan dari Rekening Kas Umum Negara melalui Rekening Kas Umum Daerah ke Rekening Kas Desa. Dengan adanya perubahan pola transfer ini mengharuskan desa untuk menyusun APBDes dan Laporan Keuangan Desa tepat waktu sebagai syarat penyaluran Transfer Dana Desa.
Di Kabupaten Buleleng terdapat 129 desa yang tersebar di 9 kecamatan dan mempunyai karakteristik dan permasalahan yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Dalam sambutannya Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Buleleng menyampaikan bahwa pengelolaan dana desa yang cukup besar harus diimbangi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Namun demikian, dari pengalaman tahun ini Kabupaten Buleleng menerima transfer dana desa yang paling akhir diantara kabupaten/kota se-Bali, sehingga banyak hal yang harus disempurnakan dan diperbaiki agar kedepan menjadi semakin baik lagi.